CATATAN DIREKSI

INTERNET TRANSFORMATION

SECRET -> PUBLIC -> E-COMMERCE -> SOCIAL MEDIA -> WHAT’S NEXT ?

 

Internet (interconnection-networking) merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani seluruh pengguna di dunia. Internet dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi, penyedia informasi, media sosial, sarana promosi, transaksi jual beli, dan lain-lain.

Akses informasi internet saat ini sangat terbuka, bertolak belakang dari tujuan awal terciptanya internet yaitu untuk melindungi informasi rahasia.  Sejarah internet diawali melalui jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), untuk keperluan militer. Departemen Pertahanan Amerika Serikat  membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Dalam 5 (lima) tahun terakhir jumlah pengguna internet semakin besar dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi terutama mobile device seperti laptop/notebook, smartphone, gadget, dan lain-lain hingga membentuk terjadinya “Internet Culture”. Dimana pada saat ini hampir semua orang yang memiliki komputer, smartphone, gadget, dan lain-lain menggunakan koneksi internet. Internet juga memiliki pengaruh yang besar atas penyebaran ilmu dan pandangan dunia. Dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, pengguna internet di seluruh dunia sangat mudah mendapatkan berbagai macam informasi. Dibandingkan dengan buku, majalah, koran, dan media cetak lainnya, internet memberikan informasi dan data secara ekstrem secara menyebar ke semua pengguna internet yang butuh akan informasi dan data.

Perkembangan internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Transaksi jual beli yang sebelumnya dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli dan melalui telepon, saat ini dengan sangat mudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan internet yang belakangan dikenal dengan istilah E-Commerce. Saat ini, hampir semua dunia usaha dari berbagai multi industri, mulai dari usaha perorangan skala kecil sampai usaha besar termasuk korporasi, mau tidak mau ikut mengembangkan usahanya melalui E-Commerce agar bisa bersaing baik secara lokal, regional maupun global.

Penggunaan internet yang pada awalnya sangat terbatas, dengan minimnya infrastruktur jaringan, saat ini semakin mudah ditemukan dimana-mana, mulai dari perkantoran, sekolah, area publik, mal, restoran, dan lain sebagainya, dengan menggunakan koneksi kabel maupun nirkabel seperti hotspot, wireless fidelity (wi-fi), dan mobile device. Koneksi internet yang sebelumnya sangat mahal menjadi semakin murah dengan semakin banyaknya populasi pengguna yang meningkat ratusan hingga ribuan kali.

Selain digunakan sebagai sarana pusat informasi, transaksi jual beli dan kegunaan lainnya, penggunaan internet yang sangat pesat terutama dari penggunaan untuk media sosial. Media sosial merupakan sebuah media online, dimana para penggunanya dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meliputi blog, jejaring sosial, forum, dan dunia virtual.

Pesatnya perkembangan media sosial saat ini karena semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika media tradisional seperti koran, televisi, dan radio dibutuhkan modal dan tenaga kerja yang besar, berbeda dengan media sosial. Pengguna media sosial bisa mengakses media sosial hanya menggunakan jaringan internet walaupun aksesnya lambat, sehingga tidak diperlukan biaya besar, peralatan yang mahal dan bisa dilakukan sendiri. Pengguna media sosial dengan bebas bisa melakukan edit, menambahkan konten, modifikasi tulisan, gambar, video, grafis, dan lainnya.

            Dengan perkembangan teknologi yang terus menerus, terutama aplikasi pada internet, membuat informasi semakin mudah untuk diperoleh. Tentunya masing-masing dari kita sebagai pengguna, harus dengan bijak memilih dan memilah informasi yang diperlukan, terutama informasi dari media sosial; karena jika keliru hasilnya akan bertolak belakang dari tujuan awal yaitu untuk mendapatkan informasi yang baik, akurat, dan tepat. Gagal dalam memilih dan memilah pada akhirnya menjadi bumerang karena sebagian besar waktu kita terbuang hanya untuk mengolah informasi yang tidak berguna.

            Tentunya perkembangan internet tidak berhenti sampai di sini saja. Internet yang awalnya untuk menjaga informasi rahasia berubah menjadi sarana penyampaian informasi terbuka yang bisa diakses siapa saja, dan semakin luas fungsinya dengan terbentuknya E-Commerce dan media sosial. Internet akan sangat berguna jika kita berhasil memanfaatkannya dengan baik, namun demikian juga sebaliknya.

 

So, what’s next ???

 

Are you ready for the next technology generation ???

 

Salam,

 


Syahru Aryansyah
Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00