CATATAN DIREKSI

REAKSI TERHADAP PENETAPAN HARGA

Setiap kali retailer menetapkan atau melakukan perubahan harga untuk suatu produk, selalu memicu reaksi dari konsumen dan pesaing.

 

REAKSI KONSUMEN

Dalam proses penetapan harga, perlu dilakukan sebuah simulasi akan estimasi permintaan dari konsumen pada beberapa alternatif harga yang akan di tentukan. Hal ini mengacu kepada paradigma sederhana yaitu : semakin tinggi harga yang di tetapkan maka semakin kecil permintaan konsumen. Menurunnya permintaan konsumen juga karena beberapa factor misalnya :

  • Beralih kepada produk lain yang sejenis (merk lain)
  • Beralih ke toko lain (pesaing)

 

Bagaimana mengestimasikan permintaan konsumen pada beberapa tingkatan harga yang ditentukan oleh retailer? Berapa banyak barang yang akan terjual untuk setiap tingkat harga yang di tentukan retailier yang disebut dengan “Price Elasticity of Demand (PED)”

Perlu di pahami juga bahwa elastisitas permintaan produk yang terjadi akibat perubahan harga, bisa berdampak dalam waktu yang pendek, dapat pula berdampak secara jangka panjang. Elastisitas permintaan produk ini indentik dengan istilah ”sensitifitas harga”. Retailer harus dapat memastikan apakah perubahan harga sebuah produk akan mempengaruhi penjualan ke konsumen secara signifikan.

Selain itu, retailer juga perlu memperhatikan seberapa besar selisih harga dengan pesaing sejenis, apakah besarnya selisih harga tersebut menyebabkan konsumen beralih ke toko pesaing atau tidak.

 

REAKSI PESAING

Retailer akan dihadapkan kepada retailer lain yang menjual produk yang sama atau sejenis, pada saat melakukan perubahan harga dengan tujuan-tujuan tertentu. Secara umum, pesaing akan bereaksi jika satu retailer melakukan penurunan harga, dan akan wait & see jika sebaliknya (retailer menaikkan harga).

Perlu diamati bagaimana reaksi dari retailer yang lain. Reaksi pesaing atas perubahan harga ini akan sangat mempengaruhi tujuan yang ingin dicapai.

Sebaliknya, sebelum kita melakukan perubahan harga, kita perlu mengamati harga pesaing termasuk pelayanan yang diberikan atas produk-produk tertentu. Banyak cara yang bisa kita pergunakan untuk memantau pergerakan harga pesaing misalnya : mengirim team untuk melakukan survey harga produk tertentu secara berkelanjutan, buyer bisa menanyakan ke supplier atau principle yang men-supply produk yang sama ke retailer lain, serta cara lainnya.          Pemantauan harga dan pelayanan lain yang diberikan oleh pesaing oleh retailer,  dalam dunia retail kita kenal dengan sebutan ”Price Inteligent”

Reaksi pesaing dapat dikelompokkan berdasarkan jenis produknya. Semakin tinggi elastisitas produk tersebut, maka kemungkinan pesaing akan memberikan reaksi sebagai berikut :

  • Menjadikan harga mereka sama dengan yang kita tetapkan ( pesaing mempertahankan market share )
  • Menjadikan harga mereka lebih murah dari harga yang kita tetapkan ( sekaligus bereaksi untuk merebut market share )

 

Akan tetapi jika tingkat elastisitas produk rendah, ada kemungkinan pesaing tidak bereaksi, karena perubahan harga tersebut tidak berdampak signifikan terhadap penjualan produk tersebut di tempat mereka.

 

Salam,

 

I Nyoman Sugiarta

Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00