CATATAN DIREKSI

STAFF

Di dalam struktur organisasi perusahaan, dikenal 4 strata (tingkatan) managerial, yaitu:

DIREKSI     |     MANAGER     |     SUPERVISOR      |     STAFF

Lebarnya jarak antara ketiga strata ini tergantung kepada jenis dan skala bisnisnya. Bacaan anda pagi ini dan dalam 3 minggu ke depan adalah untuk mengenal hal penting dari setiap strata tersebut, tanpa memperhatikan “leveling” dalam organisasi.

 

Saya akan mulai dengan ‘STAFF’.

 

Kalau anda saat ini ada di posisi staff, tahukah peranan anda dan bagaimana anda berprestasI untuk membuka peluang anda menuju ke jenjang yang lebih tinggi (supervisor)?

‘Staff’ adalah personal yang melaksanakan sebuah jenis pekerjaan, yang biasanya rutin dan berulang-ulang pada masa waktu yang sama. Tidak diragukan bahwa staff berperan dalam organisasi, tidak ada pekerjaan atau program yang dapat dilaksanakan, apalagi diselesaikan tanpa adanya peranan staff.

 

Staff adalah orang-orang penting!!

 

Seorang staff berpeluang menduduki jabatan lebih tinggi (supervisor) apabila telah memahami, menguasai, dan dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik. Namun, seorang ‘staff’ harus sungguh mengerti apa ukuran keberhasilanya. AKURAT (tepat isi dan tepat waktu) adalah harapan perusahaan terhadap hasil pekerjaan seorang staff. Jadi, selalu berhasil menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan benar dan pada waktu yang tepat bukanlah sebuah prestasi. Ini adalah hal yang biasa, yang sudah seharusnya dilakukan oleh seorang staff.

Seorang staff yang selalu menghasilkan dan mencapai target harus mulai memikirkan jenjang karier berikutnya dengan 2 cara yang efektif:

  1. Kerja dan selesaikan pekerjaan yang sama itu dalam waktu yang lebih cepat. Anda perlu menampakkan adanya gap antara pekerjaan dan waktu produktif anda.
  2. Kerjakan dan hasilkan yang lebih banyak dalam batas waktu yang sama dari sebelumnya.

 

Ini rahasianya, apabila pimpinan anda melihat bahwa anda dapat mengerjakan hal lain yang lebih banyak dan lebih produktif, maka siap-siaplah untuk melangkah naik ke jenjang berikutnya.

Tentu saja, seorang staff (dan berlaku bagi semua level) dituntut untuk terus belajar dan belajar. Pengetahuan penting bagi seorang staff adalah pemahaman atas jenis pekerjaan “tetangga” (departemen lain), kemampuan supervisori, serta wawasan atas perkembangan dunia bisnis secara umum.

Tulisan ini, dibaca pimpinan anda. Dengan demikian, saya berharap mereka juga memperhatikan setiap gerak produktivitas dari setiap staff di dalam department mereka.

Dengan semangat seperti ini, semua pihak akan diuntungkan. Perusahaan mendapatkan calon pimpinan dari kalangan sendiri (keluarga besar CMN); staff mendapatkan kesempatan bekerja pada jenjang yang lebih tinggi.

 

Pada akhirnya jangan lupa, yang baik dan terbaiklah yang mendapatkan kesempatan pertama. Selamat Bekerja.

 

Salam,

 

Josep Setiawan Edy

President Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00