CATATAN DIREKSI

SUPERVISOR

Pada tulisan pada hari Senin, 1 Februari 2016 yang lalu, kita sudah membahas mengenai Staff, meliputi:

  • Peranannya sebagai pelaksana;
  • Harapan perusahaan: akurasi - tepat isi dan tepat waktu: serta
  • Bagaimana mereka berpeluang mendaki ke strata lebih tinggi: Supervisor; yaitu dengan menghasilkan lebih banyak dalam waktu yang sama atau menghasilkan yang sama dalam waktu yang lebih singkat.

 

Maka, pada hari Senin ini, mari kita membahas tentang SUPERVISOR.

 

Banyak tulisan dan teori tentang Supervisor, yang pada intinya adalah memimpin sekelompok orang dalam pekerjaan tertentu dengan target pencapaian yang jelas. Dalam pelaksanaannya, pekerjaan Supervisor mencakup hal-hal di bawah ini :

  • Merencanakan aktivitas bulanan - siapa mengerjakan apa;
  • Mengkoordinasikan sumber daya dalam organisasi, meliputi peralatan utama, peralatan pembantu, dan sumber daya manusia; serta mengkoordinasikan hubungan antar departemen yang mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan organisasi.
  • Memimpin langsung staff-nya, yaitu mengetahui aktivitas harian dan hasil harian para staff;
  • Menjalankan fungsi kontrol, yaitu memastikan semua sumber daya dalam kendalinya berjalan dan berfungsi sesuai rencana, melakukan tindakan koreksi harian, dan memberikan masukan koresksi managerial kepada pimpinan agar kesalahan tidak terulang ke,bali dikemudian hari.

 

Uraian di atas akan sampai pada 2 kesimpulan peranan sekaligus harapan perusahaan kepada Supervisor, yaitu :

  1. Supervisor adalah lini pertama dalam menjalankan fungsi managerial (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling).
  2. Fungsi managerial seorang Supervisor adalah: MEMASTIKAN semua program perusahaan yang dijalankan oleh organisasi/ Staff berjalan sebagaimana mestinya dan memastikan pencapaian target yang telah ditetapkan.

 

Bagaimana seorang Supervisor mendapatkan kesempatan ke strata berikutnya, MANAGER? Ini rahasianya: Anda harus bisa menjadi pimpinan, apalagi pimpinan yang pemimpin (baca kembali tulisan Selamat Hari Senin 21 Desember 2015).

 

Anda harus memahami target, merencanakan aktivitas, mengorganisasi peralatan/ tim/ Staff Anda, memimpin aktivitas harian, dan mengendalikannya agar tetap menghasilkan sesuai target yang telah ditetapkan. Ukuran hasil adalah: mencapai target yang telah ditetapkan. Anda harus mencapai di atas 100% dan/atau selalu di atas rata-rata pencapaian Supervisor lainnya.  Selain itu, Anda perlu menilik kembali berapa banyak pengetahuan anda tentang Supervisor (misalnya melalui bacaan, seminar, workshop dan bertanya).

 

Ingat, Anda adalah lini awal Manager.

"Apakah Anda seorang Supervisor? Sudahkah Anda menjalankan semua fungsi sesuai harapan perusahaan? Dan apakah Anda memiliki ambisi untuk menjadi Manager?"

Selamat Bekerja!!

Salam,

 

Josep Setiawan Edy

President Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00