CATATAN DIREKSI

MANAGER

Bagi Anda yang suka membaca, kata “manajemen” sering diartikan sebagai teknik pengelolaan sumber daya (termasuk “manpower”) dan sumber dana dalam usaha mencapai target yang telah ditetapkan. Teknik, dan sekaligus fungsi, tersebut meliputi aktivitas: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengendalian (controlling). Setiap orang yang menjalankan fungsi-fungsi tersebut dalam bidang pekerjaan dan pada level apapun, secara sendiri-sendiri maupun dalam sebuah tim, disebut: MANAGER.

Anda saat ini Manager? Apabila demikian, maka Anda pasti adalah orang yang mengerti target yang diserahkan kepada Anda; merencanakan semua sumber (manusia, peralatan, dan keuangan), dan mengkoordinasikan semuanya itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: siapa mengerjakan apa?; pada waktu apa-berapa lama ? ; mengasilkan apa?. Dan pada akhirmya : pencapaian target yg telah ditetpkan !

Selain itu, Anda juga melakukan aktivitas rutin (harian/ mingguan/ bulanan/ tahunan), dimana Anda mengendalikan semua aktivitas tersebut sesuai dengan mekanisme, peraturan, dan kebijakan. Apabila terjadi penyimpangan, baik cara maupun hasil kerja, Anda segera tahu apa yang tidak sesuai, kemudian dapat melakukan tindakan koreksi seketika dan/atau melakukan penijauan kembali (review) atas perencanaan dan pengorganisasian saat ini.

 

Pertanyaannya: Sudahkah Anda berhak menyandang gelar Manager?

 

Pada tingkatan Manager, Anda juga dituntut di bidang lain yang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi pekerjaan dan hasil, yaitu:

  • Keperdulian dan kemampuan berinteraksi dengan bawahan (Supervisor dan Staff), sehingga mereka mengerti apa yang mereka kerjakan dan dapat menghasilkan (kemampuan leadership). "Apakah Anda pimpinan dan apakah Anda pimpinan yang pemimpin?".
  • Keperdulian dan kemampuan Anda berinteraksi dengan sesama Manager, baik departemen yang sama, maupun departemen lainnya. Sangat mungkin bahwa pekerjaan mereka akan mempegaruhi hasil dari pekerjaan Anda sendiri dan demikian pula sebaliknya.
  • Keperdulian dan kemampuan Anda untuk “membaca” perubahan, menyesuaikan diri, dan bahkan aktif dalam perubahan itu sendiri.

Bila Anda seorang Manager dan tidak menguasai teknik dan tidak menjalankan fungsi manajemen seperti diuraikan di atas; jangan-jangan Anda adalah seorang Supervisor dengan pangkat Manager.

Saya pribadi menolak pendapat bahwa seseorang menjadi Manager karena masa kerja, disiplin, dedikasi tinggi dan loyalitas kepada perusahaan. Karyawan seperti itu penting dan harus mendapatkan perhatian dari perusahaan, tetapi hanya sebagai salah satu pertimbangan yang tidak menentukan; pertimbangan utama adalah: apakah karyawan tersebut memiliki kemampuan teknis dan fungsi managerial.

 

"Saya menantang para Manager CMN untuk menguasai dan menjalan teknis &  fungsi managerial, tunjukkan bahwa Anda memang pantas menjabat posisi Manager.

Dan, saya mengundang dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua posisi Supervisor untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi: Manager."

 

Selamat Bekerja!

Salam,

 

Josep Setiawan Edy

President Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00