CATATAN DIREKSI

DIREKTUR

Dewan Direktur (Direksi) terdiri dari seorang Direktur Utama dan beberapa Direktur di bawahnya. Banyaknya jumlah Direktur sesuai dengan jenis dan skala bisnis. Hanya “profesional” yang memiliki kapasitas dan kompentensi tinggi  dapat menduduki posisi ini. Direksi ditunjuk oleh pemegang saham, dimana pemegang saham sendiri dimungkinkan untuk menduduki posisi ini, dengan catatan apabila memiliki kapasitas dan kompetensi memadai dan berperilaku sebagaimana seorang profesional.

Tugas Direktur tentu berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Namun, secara prinsip, tugas Direktur adalah:

  • menjalankan bisnis;
  • memimpin karyawan;
  • menetapkan kebijakan, strategi bisnis, dan kriteria staff-staff di bawahnya (General Manager dan Manager);
  • menyusun, menyetujui, dan menjalankan anggaran perusahaan;
  • melaporkan dan bertanggung jawab atas kinerja (keuangan);  dan
  • meningkatkan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

 

TANGGUNG JAWAB adalah kata kuncinya. Menerima dan menjalankan pekerjaan posisi Direktur berarti mengemban tanggung jawab; hal ini bahkan diatur dengan Undang-Undang, yaitu: UU NO 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas: bahwa atas kerugian perusahaan (PT), Direktur akan dimintakan pertanggungan jawab baik secara Perdata maupun Pidana.

Maka, dapat dimengerti pentingnya posisi Direktur; mereka harus profesional, memiliki kompetensi, kapasitas tinggi, dan sikap mental positif (etika, budaya perusahaan), serta bersedia menerima tanggung jawab atas kinerja perusahaan.

Apakah lalu Anda heran, dengan kriteria seperti uraian di atas, apabila Direksi mendapatkan perhatian, wewenang, dan fasilitas tertinggi dari semua strata dalam organisasi? Jangan heran.

Justru kita akan terheran-heran jika ada Direktur yang tidak sesuai dengan kriteria seperti yang diuraikan dalam tulisan ini.

Saya mengajak semua insan CMN memberikan dukungan kepada Direksi, agar mereka dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, karena kinerja perusahaan berdampak langsung terhadap kemajuan dan kesejahteraan kita semua.

 

Saya menantang para Senior Manager, Manager, Supervisor bahkan level Staff untuk menduduki posisi Direktur di kemudian hari.

 

"Selamat bekerja dan berkarya"

Salam,

 

Josep Setiawan Edy

President Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00