CATATAN DIREKSI

AHLI

Beberapa bulan terakhir, saya berkesempatan bertemu dan ‘dealing’ dengan AHLI dengan profesi DOKTER. Dua kali saya dan keluarga “berurusan” dengan Dr. Didik Librianto, spOT, specialist Ortopedi (tulang) dan satu kali dengan Dr. Marto Sugiyono, spBU, specialist Urologi (kantung kemih).

 

Sungguh mengesankan bagaimana kompetensi dan karakter (attitude) dipertunjukan oleh kedua ahli ini, hal yang dapat saya bagi kepada anda sebagai pembelajaran:

o   Keahlian mereka diperoleh dari jalan panjang dan proses belajar tiada henti. Selain “formal educations” (S-1,S-2 dan puluhan sertifikasi profesi), mereka tidak henti mengikuti  perkembangan pengetahuan melalui: seminar, workshop, bedah kasus dalam tim sesama profesi dan tentu saja referensi dari buku-buku & jurnal medis terkait di bidangnya.

o   Sangat jelas, bagaimana mereka ‘menegakkan diagnosa’ dan menemukan jalan keluar penyembuhan, mereka memberikan alternative, tetapi selalu dengan rekomendasi terbaik menurut mereka.

o   Kemampuan komunikasi level tinggi, nampak bagaimana mereka menjelaskan kasus dan bagaimana metode penyembuhannya. Operasi serius yang harus dijalankan pasien menjadi ringan tanpa menghilangkan faktor-faktor resiko yang akan terjadi. Dan dengan jelas memberitahukan kepada keluarga pasien bagaimana proses operasi berlangsung, bagaimana hasilnya dan bagaimana tindakan pemulihan paska operasi.

o   Kerja dalam tim, mulai dari pemeriksaan dini sampai dengan hari tindakan operasi, kedua ahli ini didampingi oleh staff-staff medis, yang selain ahli di bidangnya, juga sangat jelas adalah staff-staff terpimpin dengan baik.

o   Minimalisir resiko, dengan mendapatkan opini ahli lainnya (Radiologi, Jantung, Internist, sampai ke ahli gizi). Opini tersebut diperhatikan dengan seksama dan menjadi bagian penting dalam menjalankan tindakan operasi. Walaupun mereka “sangat” ahli di bidangnya, tetap memperhatikan opini ahli lainnya.

 

Saya sungguh melihat nyata :bagaimana  manajemen bekerja: kapasitas, kompetensi dan karakter (attitude) bekerja dalam dunia kedokteran, dan ini dari AHLI teruji baik dalam pendidikan maupun reputasi yang sudah ada. Tidak ada kesombongan primitive : “saya ahli” !

 

Saya belajar lagi, dan semakin yakin atas KAPASITAS,KOMPETENSI dan ATTITUDE.

Anda belajar apa ?

 

Salam,

 

 

Josep Setiawan Edy

President Director

 


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00