CATATAN DIREKSI

DEKAT DAN BERSAHABAT

“Tag Line” toko Mitra CMN : “DEKAT & BERSAHABAT”, lalu bagaimana mengartikannya, bagaimana mengimplementasikan kedua kata sederhana tersebut?

Mari sama kan persepsi kita terlebih dahulu. DEKAT, secara phisik: tidak jauh, mudah dijangkau. Secara pikiran, terkilas pertama ketika membutuhkan (top of mind).

Sedangkan BERSAHABAT, secara phisik diartikan sebagai: mudah dan tidak menyusahkan! Dan dalam pikiran konsumen adalah: membantu (helpful) dan ramah.

 

DEKAT, menjadi tantangan perusahaan dan manajemennya untuk menyediakan toko-toko, bukan saja dalam jumlah banyak dan semakin banyak, tetapi juga pada tempat (lokasi toko) dimana masyarakat (konsumen) membutuhkan toko yang menyediakan sekaligus melayani kebutuhan mereka (kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari).  Ini sekaligus merupakan konsekuesi logis bagi PT. CMN sebagai perusahaan penyediaan jasa pengelolaan “Retail Chain Stores”. Retail Modern selalu berarti : toko berantai dalam satu kesatuan sistim. Jumlah toko memampukan manajemen dalam men”delivery” kata DEKAT dan pada jumlah tertentu akan menciptakan (to create)  persepsi: tidak jauh, mudah dijangkau dan ada dalam kilas pertama dalam pikiran ketika berbelanja kebutuhannya.

 

BERSAHABAT, adalah hasil (result) dari proses kerja di dalam toko. Kesan ini dimulai ketika konsumen memasuki toko Mitra CMN. Ketersediaan produk yang dibutuhkan (product assortment) baik dalam jenis dan jumlah. Apakah toko CMN menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari (need), apakah harga jual dapat terima (“Oh ya, tidak mahal”). Apakah produk yang tersedia selain untuk kebutuhan sehari-hari, juga menyediakan produk & pelayanan tambahan, seperti : pulsa telepon, top up listrik PLN dan “delivery service” (want). Apakah toko Mitra CMN juga memberikan pelayanan khusus, seperti : menerima pesanan khusus, baik produk yang tidak tersedia rutin di dalam toko, atau produk yang tersedia dalam jumlah besar untuk kebutuhan khusus (expectations).

 

Bagaimana manajemen CMN dengan segenap staff nya dapat menjawab tantangan ini ?

1.       Optimalisasi operasional atas standar yang harus dicapai pada kondisi saat ini.

2.       Tidak pernah berhenti memikirkan pola-pola kerja baru (produk & pelayanan), sehingga selalu sama dengan perkembangan “kebutuhan konsumen”

 

Salam,

 

 

Josep Setiawan Edy

President Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00