CATATAN DIREKSI

RUMPUT TETANGGA

Banyak dari kita melihat kondisi orang lain LEBIH: lebih baik, lebih nyaman, lebih beruntung, lebih bahagia dan lebih-lebih lainnya. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut selama masih dalam koridor kompetisii positip , kontruktif dan sebagai faktor motivasi. Menjadi masalah bila timbul perasaan iri/dengki dan oleh karenanya mencari-cari “kesalahan” atas kondisi  orang lain tersebut.

Teman teman, hampir tidak mungkin kita mempunyai kondisi yang sama dengan orang lain, karena begitu banyak faktor penyebabnya. Dimulai dengan titik awal yang berbeda: tahun kelahiran, budaya, keluarga, pendidikan dan kesempatan.  Proses yang terjadi dari titik awal sampai dengan hari ini, setiap orang menghadapi tantangan yang berbeda pula.

Mempersoalkan perbedaan dan selalu melihat orang lain” lebih”; lama kelamaan akan menjadi “sakit”, antara lain: usaha keras dan tidak pernah jadi sama; mencoba berbagai cara tetapi dengan hasil yang tetap berbeda dan pada akhirnya frustrasi & apatis .

Sebenarnya, setiap orang dipandang maju dan berkembang bila dari waktu ke waktu (periodik) hidup dan kehidupannya menjadi lebih baik. Artinya, pembanding adalah : kondisi diri sendiri pada hari ini dan  kondisi (perkembangan) periode berikutnya.

Lebih baik –atau “ naik kelas”, pada umumnya dibagi atas beberapa kondisi, antara lain :

PERBAIKAN KARENA KEHARUSAN (tekanan), contoh yang paling sederhana pada waktu sekolah, kita harus melalui periode Sekolah Dasar (SD) untuk duduk dijenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), demikian seterusnya. Ingat, kita naik kelas atau tinggal kelas bukan dibandingkan dengan teman-2 sekelas, tetapi karena pencapaian standar yang telah ditetapkan.

PERBAIKAN KARENA MOTIVASI DIRI (kesadaran), contoh : menuju jenjang pernikahan dibutuhkan kesiapan mental dan materi. Materi berhubungan dengan kemampuan memberikan nafkah (atau setidak-tidaknya berbagi beban dengan pasangan hidup). Untuk itu dibutuhkan pekerjaan, pengaturan pengeluaran agar terbentuk tabungan dan tentu saja bekerja lebih keras dan lebih cerdas agar mendapatkan tambahan penghasilan.

Masih banyak  dorongan untuk menjadi lebih baik, tetapi formulasi terbaik adalah membandingkan keberhasilan diri sendiri dari waktu kewaktu.

Untuk itu, ketahui dengan jelas kondisi hari ini, dan kondisi apa yang akan dicapai pada batas waktu tertentu. Untuk mencapai kondisi tersebut, langkah-langkah apa yang harus dilaksanakan? Buat daftarnya dan mulailah menyusun agenda & jadual pencapaiannya.

Pada akhir periode yang telah ditetapkan, bandingkan (evaluasi) kondisi hari itu dengan kondisi awal. Majukah anda ? Bangga dan berbahagialah anda bila menemukan kemajuan. Demikian seterusnya.


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00