CATATAN DIREKSI

CLEAN & CLEAR OBJECTIVES

Konsep kerja antusias dan produtif adalah mengerti, memahami dan ‘bisa’ mengerjakan pekerjaannya. “Bisa mengerjakan” diperoleh dari : pendidikan (formal & informal), pengarahan dan biasa (bisa karena biasa) dan karena pengarahan. Pengarahan dapat diperoleh dari baik “buku manual” maupun dari pengarahan langsung dari pimpinan.

Pertanyaannya adalah : apakah (anda dan saya ) ‘bisa mengerjakan’ karena mengerti dan memahami apa tujuan dari “apa yang dikerjakan’?

Bila jawabannya TIDAK, maka (lama kelamaan) akan terjadi : dikerjakan apa yang biasa dikerjakan dan batasannya adalah waktu, yaitu: kapan mulai dan kapan selesai mengerjakan, “sebatas itu” !

 

Sebenarnya, nilai dasar setiap manusia adalah ‘bangga atas (hasil) pekerjaannya. Dan bagaimana mungkin terjadinya ‘kebanggan diri’ bila tidak mengerti dan memahami pekerjaannya.

 

Ada rumusan sederhana untuk memahami, mengerti dan tahu cara mengerjakan suatu pekerjaan, yaitu penggunaan formula : 5 W+ 1H (What, Why,Who, Where, When dan How).

What= Apa pekerjaannya ! Why= Mengapa harus dikerjakan (baca=apa jadinya kalau tidak dikerjakan, dengan demikian mengandung kepentingan dan eksistensi). Who=  siapa yang mengerjakan (kalau saya, mengapa saya ?) dan dengan siapa saja interaksi harus terjadi dalam pengerjaan itu. Where= dimana pekerjaan tersebut dikerjakan dan When= kapan batas waktunya (mulai & selesai dan dampak tepat waktu). Tentu saja How= bagaimana mengerjakan dengan cara efisien & efektif.

Selesai membaca tulisan ini, mulailah ‘latihan’lah dengan menggunakan formula 5W+1H untuk mempertanyakan pekerjaan anda. Saya jamin, ini berhubungan dengan eksistensi diri anda masing-masing,karena dari jawaban pertanyaan pertanyaan tersebut, anda ‘dimampukan’ untuk berkontribusi dan dengan berkontribusi anda eksis dan  karena eksis anda akan selain bangga juga diperhitungkan.

Bagi anda, yang saat ini menyandang posisi ‘pimpinan’ (apapun level dan skalanya), lakukan pendekatan 5 W+1H kepada rekan kerja yang dibawah pimpinan anda. Selain pengarahan anda akan menjadi acuan/pedoman kerja, juga anda akan eksis sebagai pimpinan. Tentu saja, sebagai pimpinan (anda dan saya) harus pertama-tama bertanya 5W+1H atas pekerjaan anda sendiri.

Mulailah semua pekerjaan dengan mengetahui sasaran/target dari pekerjaan itu sendiri, kemudian distribusikan target/sasaran tersebut dalam tim kerja masing-masing. Ukur keberhasilan dari waktu ke waktu (periodik), lakukan tindakan koreksi dalam proses (bukan setelah berakhir) dan jangan lupa ‘rayakan’ keberhasilan atas pencapaian target !

 

Buat diri anda eksis dan bangga, karena mengerti, paham dan dapat mengerjakan dengan efisien & efektif serta selalu mencapai target yang diberikan kepada diri anda.

 

Selamat Bekerja

 

Josep Setiawan Edy


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00