CATATAN DIREKSI

DESENTRALISASI

Pagi ini, saya ajak anda mengenal 2 sistim “pemerintah-an” dalam organisasi dan tentu saja dalam ranah organisasi bisnis.
Pertama, Sistim Sentralisasi, dimana semua kebijaksanaan , keputusan dan petunjuk pelaksanaan sepenuhnya dikendalikan dari Kantor Pusat. Konsekuensi logis adalah semua wewenang ada di sekelompok orang yang berada di puncak pimpinan. Banyak kelebihan Sistim Sentralisasi, dimana proses pengambilan keputusan sangat cepat. Kelemahan dari Sistim Sentralisasi : pemastian pelaksanaan dan pengendalian operasional perusahaan lemah bahkan akan semakin lemah bila perusahaan operasionalnya dari beberapa/banyak  cabang. Ancaman Sistim Sentralisasi: pertanggungan jawaban para Pelaksana menjadi tidak jelas dan sikap mental “menyalahkan’ pengamnbilan keputusan. Kaderisasi kepemimpinan menjadi tidak jelas dan lemah.

Sistim Desentralisasi adalah “lawan” dari Sistim Sentralisasi, dimana terjadi pembagian ‘kekuasaan’ yang jelas antara Kantor Pusat dengan Kantor-Kantor Operasional Cabang. Desentralisasi adalah sistim distribusi tugas, kewajiban dan kewenangan. Kantor Pusat konsentrasi kepada KEBIJAKAN UTAMA dan Kantor Cabang konsentrasi kepada KEBIJAKAN PELAKSANAAN.

Maka, Sistim Desentralisasi mensyaratkan PERATURAN yang jelas & tegas:  KEBIJAKAN (tugas, kewajiban & kewenangan) Kantor Pusat dan Cabang.

Perusahaan kita, PT.Citra Mitra Nusantara (CMN) saat ini beroperasional dari 4 (empat) lokasi, yaitu: Kantor Pusat (Golden 8/D21 dan Taman Tekno), Karawang Branch Office (KBO), Bekasi Branch Office (BBO) dan Tangerang Branch Office (TBO) dan akan terus berkembang dengan pembentukan cabang-cabang operasional lainnya; oleh karena itu sudah seharusnya memperkenalkan Sistim Desentralisasi  dalam operasional perusahaan secara keseluruhan.

Strategic Development Division sedang ‘menggodok’ Sistim Desentralisasi, bertahap akan diterapkan di organisasi CMN.
Ini adalah kesempatan baik untuk Perusahaan  dapat melaju cepat maupun untuk Personal (karyawan), karena akan terbuka posisi potensial yang harus diisi di Kantor Pusat maupun di Kantor Cabang.

Teman-teman, sekuat apapun organisasi dan sistim, menjadi sia-sia tanpa “people” yang kuat. Faktor sumber daya manusia tidak pernah lepas dari : Prilaku (sikap), Kapasitas dan Kompetensi.
Mari bersama , kita lanjutkan laju perusahaan.

Selamat bekerja


Josep Setiawan Edy


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00