CATATAN DIREKSI

B O H O N G

SIAPA yang tidak pernah BOHONG? Hayo angkat tangan! Atau begini pertanyaannya: “Sudahkah anda berbohong minggu lalu, kemarin atau pagi ini?” Katanya lho, ada jenis BOHONG untuk kebaikan.

Sebentar, sebelum kita berdebat, mari sepakati terlebih dahulu arti dan pengertian BOHONG itu dan saya akan menggunakan kalimat/pengertian sederhana .

(1) Seolah-olah ada tetapi tidak ada,  dan (2) Ada  tetapi seolah-olah tidak ada  (hayo baca sekali lagi). Dan kalau itu dinyatakan, baik secara lisan maupun tertulis, maka terjadi KE-BOHONG-AN.

 

BERBOHONG membutuhkan kemampuan, paling tidak penggunaan kata dan kalimat; peristiwa atau informasi yang mendukung; gerak tubuh dan wajah (mimik muka). Ironisnya, setiap orang memiliki kemampuan berbohong! Dan ada kencendrungan di bawah sadar kemampuan tersebut diasah dan menjadi semakin ahli. Pertanyaannya adalah: dimana dan kapan awal proses belajar BOHONG tersebut.

 

KAGETKAH anda kalau seorang anak pertama kali mengenal BOHONG di rumah masing masing dan  justru dari ORANG TUA dan orang-orang terdekat mereka (kakak-adik). Anak-anak menyaksikan bagaimana orang tua (kakak-adik) mereka menyampaikan sesuatu yang tidak ada menjadi seolah-olah ada dan menggunakan berbagai cara untuk meyakinkan orang lain. Demikian sebaliknya, menghilangkan hal yang ada menjadi seolah-olah tidak ada.  Bahkan tidak jarang “sang anak” diajak berkolaborasi untuk berbohong, paling tidak sebagai ‘saksi palsu’. Nah, Pernahkan anda mengalaminya, baik yang mengajak atau diajak untuk melakukan hal ini. (mengaku saja dalam hati ya).

Sukses dari satu KEBOHONGAN akan menambah keyakinan BERBOHONG selanjutnya. 

 

KETERBUKAAN, adalah jalan keluar terbaik. Katakan apapun itu: “sesungguhnya” khususnya terhadap  penyimpangan dari “seharusnya”! Harus diingat, kebohongan mengandung ancaman berkurang bahkan hilangnya “kredibiltas”, kalau tidak hari ini, maka besok-besok akan terbongkar-ketahuan. Malu dan tidak dipercaya lagi adalah risiko atas kebohongan.

Ingat juga bagi anda semua yang telah berkeluarga dan memiliki anak-anak, mereka belajar berbohong dari anda, orang tuanya.

 

 

Sudahkah anda berbohong minggu lalu, kemarin atau bahkan tadi pagi?

 

 

Selamat bekerja.

 

 

 

 

Josep Setiawan Edy


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00