CATATAN DIREKSI

TELAAH KERJA

Telaah kerja adalah (proses) mengkaji metode (cara) kerja dengan tujuan pencapaian tujuan dengan tingkat produktivitas tinggi. Dimulai dengan mengenal semua dan setiap faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanan kerja, baik yang berhubungan dengan metode, sumber daya manusia maupun yang berhubungan dengan sumber-sumber daya lainnya. Telaah kerja akan memudahkan manajemen dalam bekerja untuk mencapai sasaran perusahaan yang telah ditetapkan.

 

Telaah ulang, atau yang lebih dikenal dengan “review” adalah sebuah proses melihat kembali sasaran/objektif perusahaan, metode, sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya dan sudah seharusnya dilakukan dalam periode-periode tertentu. Mengapa Telaah Ulang dibutuhkan? Perubahan prilaku (stakeholder=pemegang saham/pemilik perusahaan, karyawan,supplier & vendor, mitra dan konsumen) karena perubahan teknologi (mesin maupun informasi).

 

Bisa jadi kebutuhan konsumen berubah (dari ‘need’ ke ‘want’/dari kebutuhan menjadi keinginan), bisa jadi orientasi pemegang saham berubah (meningkat: intensifikasi & ekstensifikasi), bisa jadi metode kerja para supplier dan vendor berubah dan tentu saja: bisa jadi Mitra pun memiliki keinginan peningkatan dari sekedar ‘kebutuhan’ menjadi ‘keinginan’.

 

Maka dalam organisasi bisnis, telaah ulang adalah KEPASTIAN dan KEHARUSAN terjadi.

 

Kita di dalam organisasi berperan dominan sebagai pencetus ide kreatif, poenggerak, penyelia (supervisor) maupun sebagai pelaksana. Maka seharusnyalah, kita harus terus menerus mengamati perubahan (atas kebutuhan & keinginan) stakeholder, paling tidak kita memahami dan mengikuti perubahan tersebut. Organisasi sendiri akan ‘menua’ bila tetap bertahan dan menghindar kata-kata ‘telaah ulang’. Organisasi yang ‘menghindar’ telaah ulang, adalah organisasi yang terdiri dari personal yang: puas diri, tidak perduli, takut dan tidak memiliki kemampuan dalam menghadpi perubahan.

 

Memasuki tahun ke 6, PT. CITRA MITRA NUSANTARA, sudah saatnya melakukan telaah ulang menyeluruh atas sasaran/objektif , metode kerja, ukuran produktivitas dan efektivitas organisasi.

Pada bulan Mei 2017 ini, saya akan meng-inisiasi proses telaah ulang dengan semua anggota eksekutif dengan tujuan peningkatan produktivitas. Yang jelas dalam proses telaah ulang tersebut akan mengutamakan kepentingan dari semua unsur stakeholder. Dan saya percaya, insan CMN tangguh dan siap dalam proses telaah ulang tersebut. Semua menuju kearah KEBAIKAN semua orang.

 

Teman-teman, saya mengajak anda semua untuk berkontribusi dalam proses telaah ulang ini, paling tidak memahami dan mengerti bila terjadi perubahan dan bahkan kita masing-masing menjadi bagian terpenting daripada perubahan itu sendiri.

 

Terima kasih dan

Selamat bekerja

 

Josep Setiawan Edy


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00