CATATAN DIREKSI

IDUL FITRI 1438 HIJRIAH

Coba anda “browsing” di www.google.co.id tentang arti kata IDUL FITRI, maka akan ditemukan beragam arti dan pemaknaannya. Saya kutip dua  diantaranya:

IDUL FITRI secara bahasa-Arab; terdiri dari dua suku kata, yaitu : “ Id “ dan “Fitri”. Id artinyanya adalah Hari Raya yang berulang-ulang (dirayakan tiap tahun); Fitri (afthara) artinya: “berbuka – atau tidak lagi berpuasa”. Disebut Idul Fitri, karena hari raya ini dimeriahkan dengan keadaan kaum Muslimin yang tidak lagi berpuasa Ramadhan. (dikutip dari : https://konsultasisyariah.com/19817)

Saya kutipkan satu lagi : “….Jadi yang dimaksud dengan Idul Fitri dalam konteks ini berarti kembali kepada asal kejadiannya yang suci dan mengikuti petunjuk Islam yang benar. Bagi ummat Islam yang telah lulus melaksanakan Ibadah puasa di Bulan Ramadhan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan Ibunya. Sebagaimana Sabda Nabi SAW yang Artinya“Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan suci.” (dikutip dari : NU ONLINE; Makna dan Hikmah Idul Fitri)

Ada banyak lagi pengertian Idul Fitri – yang menunjukkan kekayaan makna Idul Fitri itu sendiri. Dari sekian banyak pengertian, tetap terikat dalam satu kesatuan, yaitu: Makna kesungguhan umat Islam didalam menjalankan Ibadah Puasa – sesuai dengan  petunjuk agama. Tujuannya sudah pasti : Memuliakan ALLAH.

Saya sungguh berharap Saudara-i ku yang menjalankan Ibadah Puasa selama bulan Ramadhan, mendapatkan BERKAH dan RAHMAT. Menjalankan hari-hari esok lebih baik dan lebih benar.

 

Pada kesempatan berbahagia ini, ijinkan saya dan keluarga menyampaikan:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 HIJRIAH

 

 

 

Selamat menikmati hari libur

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.