CATATAN DIREKSI

DAMPAK DOMINO

Kartu pertama, menentukan langkah-langkah berikutnya. Setiap pemain mengamati kartu sendiri dan kartu yang ‘dikeluarkan’ lawan; selanjutnya perhitungkan kartu yang akan dikeluarkan/diletakkan di meja; karena paling tidak akan berdampak kepada : kemungkinan dikeluarkan kartu berikutnya, baik untuk diri sendiri maupun untuk kartu yang dimiliki oleh lawan.

Demikian seterusnya, sampai berakhirnya permainan. Kartu pertama, kartu berikutnya dan berikutnya sangat dipengaruhi oleh kartu sebelumnya. Mungkin karena itu dalam manajemen dikenal istilah :

“Domino effect” (dampak domino).

 

Setiap langkah strategis, akan berdampak positif untuk hal yang diinginkan, namun harus diingat, bila perhitungannya sangat sempit, yaitu : penyelesaian satu masalah jangka pendek; bisa jadi langkah strategis tersebut membuat semua langkah-langkah lain di proyek lain akan terganggu, terhambat bahkan berantakan. Demikian sebaliknya.

 

Seorang Executive, harus memiliki kemampuan ‘melihat’ secara keseluruhan dalam menetapkan langkah-langkah strategis dimana langkah-langkah tersebut bukan saja dapat menyelesaikan – mencapai tujuan jangka pendek; tetapi merupakan bagian tidak terpisahkan dalam usaha pencapaian usaha secara menyeluruh.

 

Kembali kepada permainan domino; perhatikan pemain yang tidak memiliki kemampuan, akan segera (asal) mengeluarkan kartunya yang cocok dengan kondisi sesaat; hasilnya : kartu ditangan berkurang satu; tetapi apa yang terjadi : langkah tersebut membuat dia tidak dapat menjalankan kartu-kartu lainnya.

Inilah contoh nyata : pemain tidak memiliki kapasitas kalkulasi komprehensif.

 

Kesalahan dalam penerapan strategi bisa saja terjadi; tetapi strategi yang salah terus menerus dipergunakan untuk menghadapi kasus yang sama (hasil sesaat); benar-benar harus dipertanyakan kapasitas dan kompetensi profesionalnya.

 

Jadi, pahami bahwa tindakan awal akan mempengaruhi tindakan-tindakan berikutnya; baca juga dari sudut ‘hasil’; hasil yang diperoleh hari ini karena sebuah tindakan, akan mempengaruhi tindakan yang akan/harus diambil berikutnya, sekaligus mempengaruhi hasil berikutnya.

 

Belajar, tidak mengambil tindakan untuk hasil jangka pendek; pertimbangkan juga akibatnya untuk tindakan dan hasil berikutnya.

 

Karena BELAJAR, tentu KITA BISA.

 

Selamat bekerja

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.