CATATAN DIREKSI

B A R U

Baru artinya : belum pernah: ada; rasa; alami; memiliki; mengalami dan semua yang belum pernah ada. Dan hampir pasti, setiap orang memaknai kata baru secara berbeda, tetapi tetap saja berarti : belum pernah ! Tepat-lah 2018 adalah tahun baru, karena belum pernah ada tahun 2018 sebelumnya.

Tapi menjadi tidak tepat, kalau dalam tahun baru 2018, ada ucapan selamat hidup baru, karena masing-masing dari kita telah memiliki hidup dan kehidupan, yaitu mulai hari lahir sampai dengan hari ini.

 

Memperbaharui, (hidup-kehidupan) mungkin kata yang lebih tepat; sesuatu yang sudah ada lalu diperbaharui.

Lalu, apa perlu/pentingnya hidup dan kehidupan diperbaharui ? Biarkan saja mengalir, toh hidup dan kehidupan tetap berlangsung, demikian pendapat beberapa teman. Anda setuju ?

Kalau anda setuju; yaaaa santai santai saja; mari melalui hari demi hari, dan biarkan apa yang akan terjadi – terjadilah dan silahkan renungkan & lihat pada Desember tahun 2018 apa yang (sudah) terjadi.

Kalau anda tidak setuju ? Nah ini baru masalah; karena harus mengidentifikasikan dan menemukan apa yang akan diperbaharui ?

 

Saran terbaik adalah : berikan diri anda waktu sendiri untuk mengidentifikasi apa-apa saja yang belum dimiliki pada tahun lalu; apa saja yang belum tercapai dan  apa saja yang diinginkan untuk dimiliki/dicapai. Bulatkan tekad; tetapkan apa yang harus dilakukan, kemudian laksanakan serta jangan lupa berikan batas waktunya. Jangan lupa rayakan setiap pencapaian hal-hal baru. Perayaan – sederhana sekalipun, akan menimbulkan rasa percaya diri untuk pencapaian berikutnya. Batasannya adalah : MAU dan MAMPU

 

BARU, dalam artian: memiliki, tidak selalu berupa material, tetapi  juga yang bersifat spiritual. Memiliki sepeda

motor/mobil (baru), adalah pengalaman menyenangkan, tetapi berbuat baik dan benar untuk keluarga dan masyarakat lebih hebat rasanya.

 

Peralihan teknologi analog ke teknologi digital yang telah berlangsung lebih dari 10 tahun, mamasuki fase berikutnya, dimana sebelumnya perubahan teknologi analog ke teknologi digital, lebih kepada ‘media’/alat ; hari-hari ini teknologi digital sudah memasuki fase : gaya hidup:  Fisik uang menjadi E-Money; berbisnis serba online, mulai dari jual-beli sampai kepada peminjaman dana (kredit).

YANG SANGAT JELAS : banyak sekali fungsi administratif akan diambil alih oleh “mesin –teknologi informasi digital”!

 

Kita harus memperbarui cara kerja, yaitu lebih ‘operasional’; lebih ‘mem-bumi’; lebih menjadi ‘pemasar’ – lebih dekat dengan konsumen/pelanggan. Mesin, tidak pernah di depan dalam  mengambil alih perilaku konsumen; mesin hanya menjalankan pemikiran pencipta/”creator”.

JADI, ada peluang sangat besar, KITA perbarui cara kerja untuk memenangkan teknolgi informasi-digital; yaitu dengan  : 1.) lebih operasional dengan memanfaatkan/ mengoptimalkan teknogi yang ada dan terus memanfaatkan/mengembangkannya dan 2.) menciptakan atau paling tidak mengadopsi teknologi informasi-digital dalam pencapaian sasaran perusahaan.

 

 

SELAMAT TAHUN BARU 2018

 

Dan Selamat Bekerja kembali…

 

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.