CATATAN DIREKSI

GENERASI MILLENNIAL

Generasi ini lahir antara tahun 1980-an sampai dengan tahun 1997 (= 2.000); juga dikenal sebagai Generari “Y”. Disebut sebagai Generasi Milenia, karena  satu-satunya generasi yang mendapatkan kesempatan pernah melewati Milenium kedua (teori Generasi oleh Karl Mannheim – 1923). Mereka lahir dimana  Teknologi Informasi sedang berkembang pesat, dan membawa perubahan besar dalam gaya hidup (“lifestyle”). Contoh sederhana: generasi ini lahir dimana “mesin tik”; telegram dan ‘surat-menyurat’ tidak dikenal lagi; digantikan dengan Komputer (kemudian  ‘laptop’); email; SMS, WA, BBM dan banyak lagi. Telephone konvesional yang dulunya lambang status (hanya ‘orang kaya/penting’ yangg memiliki telephone. di rumah) sirna, karena semua orang memiliki alat telephone yang bisa dibawa kemana-mana (makanya saat itu disebut: Handphone & mobile phone).

 

Generasi Millenial menggunakan “User Generated Content” (UGC) sebagai referensi utama; mereka tidak percaya atas review-review konvensional (review formal) di dalam pengambilan keputusan, termasuk dalam pengambilan keputusan dimana mereka bekerja. Mereka lebih percaya atas referensi dari informasi UGC. Akibat paling nyata adalah mereka ‘ber-komunikasi satu arah’, yaitu pribadi dengan dengan ‘mesin informasi’. Millennial meninggalkan TV, lebih percaya dengan berita-berita ‘online’ dan menikmati hiburan-hiburan online. Kalaupun mereka menonton TV di rumah, perhatikan: mereka tetap aktif dengan ‘gadget’ di tangan.

 

Aktualisasi dan ekspresi diri tidak perlu dalam dunia nyata, mereka dapat lakukan melalui  Akun Media Sosial (facebook, twitter, Instagram atau Line). Siapa, dimana, sedang apa, pendapat AKU, dilakukan via akun yang mereka miliki. Prestasi & kekecewaan atas sebuah peristiwa; kegembiraan & dukacita semua ‘di-kabar-kan’; dan ‘nikmat/hebatnya’ akan mendapatkan respon seketika.

Millennial (diam-diam) tidak percaya dengan orang tua mereka, karena beda pengetahuan atas informasi teknologi, bagaimana mendapatkan informasi, alat apa yang dipergunakan; bahkan banyak dari mereka yang memperkenalkan alat-alat komunikasi modern kepada orang tua mereka.

 

Bagaimana mereka bekerja ? Generasi Millennial, tidak mengenal kata ‘loyal’; tetapi bekerja sangat efektif. Tidak loyal artinya : mereka akan bekerja sepenuh hati bila suasana kerja ‘nyaman’ dan berada di ‘habitat’ yang sama. Sangat efektif, bila diberikan pengarahan yang jelas tanpa me-masung kreativitas.

 

Anda Generasi Millennial ? Silahkan menikmati masa-masa indah ini.

Tetapi tahukah anda, bahwa Generasi anda (Millennial) segera usang, karena  saat ini mulai tumbuh Generasi “ Z “, yaitu Generasi yang lahir tahun setelah tahun 1995 (ber-iris-an dengan Millennial yg lahir 1997-2000).

Apa itu Generasi Z, saya uraikan dalam lain kesempatan ya.

 

Bagaimana dapat bertahan dari generasi ke generasi ?

Tidak ada jalan lain, ikuti perkembangan  teknologi Informasi dan segala “produk” nya serta perubahan perilaku (gaya hidup ) yang ikut berubah .

Atau, anda akan masuk katarogri ‘katrok’ alias ‘usang’

 

 

Selamat Bekerja

 

 

 

Josep Setiawan Edy

 

 


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.