CATATAN DIREKSI

‘COMFORTABLE WORK WITH’

Salah satu faktor jarang terungkap, mengapa seseorang bersedia kerja di suatu perusahaan adalah ‘kenyamanannya bekerja dengan seseorang/bebrapa orang’ dalam komunitas perusahaan tersebut. Baik hubungan sesama dalam garis horizontal (se’level’) maupun dalam garis vertikal (bawahan – atasan – bawahan). Biasanya karena faktor lamanya bekerjasama sehingga sudah saling mengenal karakter, kapasitas dan kompetensi masing-masing. Perasaan aman juga menjadi faktor lainnya.

Memiliki Pimpinan (atasan, karena jabatan) yang Pemimpin (patut diikuti, karena pengetahuan luas, ber-etika, memiliki moral yang tinggi, mengayomi dan terbukti berhasil) membentuk tim solid. Anggota tim merasa yakin dan aman bekerja dengan Pimpinan  yang Pemimpin tersebut dan menjalar ke semua anggota tim.

 

POSITIf & KONDUSIF dari tim yang terdiri dari anggota yang (saling) memiliki perasaan ‘comfortable work with’: selain dapat menjalankan pekerjaan hariannya dengan produktif (waktu & biaya), juga kualitas dalam menjalankan proyek-proyek khusus.

Saling percaya antar anggota (termasukan Pimpinan) mempercepat gerak setiap anggota dalam tim.

Kondisi kondusif juga membentuk ‘keluarga’ kedua, yaitu keluarga di dalam perusahaan tempat bekerja.

 

Tidak tertutup kemungkinan tim  tersebut terjebak dalam emosional yang tidak rasional; dan kalau ini terjadi, mudah sekali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan pribadi. Sering terdengar dan terjadi = seorang Pimpinan Perusahaan/Divisi/Departemen yang pindah ke perusahaan lain berhasil membawa (baca= membujuk) teman-temannya untuk ikut pindah.

Biasanya dibungkus dengan janji = kehidupan (organisasi & ‘income’ & fasilitas yang lebih baik).

 

Bagaimana menyikapi kondisi ini ?

Pertama dan terutama, pastikan tujuan bekerja; yang pada intinya meningkatkan kesejahteraan (pribadi & keluarga) dengan cara-cara yang ‘baik & benar’; kemudian jaga perasaaan ‘kehilangan’ atas perginya seorang anggota tim (khususnya Pimpinan) dengan rasional.

Sebelum mengambil keputusan : pastikan tempat & pekerjaan baru tersebut sesuai dengan kapasitas dan kompetensi, sehingga dengan segera dapat berkontribusi. Prilaku organisasi perusahaan baru tersebut juga akan mempengaruhi produktivitas seseorang.

Perenang handal di kolam renang, belum tentu handal ketika berenang di sungai apalagi di laut.

 

Pertimbangkan satu faktor lagi (dan ini disembunyikan), apakah tawaran tersebut atas dasar pemikiran untuk anda atau (sebenarnya) untuk kepentingan yang mengajak, jadi keikut sertaan anda adalah bagian dari dukungan fisik, & strategis dari ‘yang mengajak’.

Pimpinan, yang pindah ke perusahaan lain, karena alasan-alasan tertentu (yang PASTI dimulai dari/untuk kepentingan dirinya sendiri) harus mengajak beberapa anggota dari perusahaan sebelumnya.

 

Bila semua faktor sudah dipertimbangkan dan hasilnya PATUT untuk IKUT, karena alasan ‘comfortable work with’ dan pertimbangan rasional pindah ke tempat yang lebih baik & menjanjikan masa depan yang lebih baik; maka : GO FOR IT !!

 

Rasional tertinggi pada setiap PROFESIONAL adalah perasaan ‘comfortable work with company’; bukan kepada pribadi-pribadi tertentu.

Ciri khas professional adalah : bertanggung jawab kepada diri sendiri sebagai landasan di dalam tanggung jawabnya (peran, fungsi, tugas dan wewenang) di dalam pekerjaan /jabatan nya itu sendiri.

Pimpinan seharusnya jadi Pemimpin !

Setiap anggota tim harus memiliki rasa nyaman bekerja sama dan bekerja bersama-sama.

 

Human Capital & General Affair Division; memegang peran penting untuk menyediakan “panggung” untuk setiap anggota keluarga perusahaan, karena sungguh indah “comfortable work with”

 

 

 

 

 

Selamat bekerja

 

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.