CATATAN DIREKSI

4.0

SELAMAT pagi semua, selamat hari Senin pertama di tahun 2019.

Mulai awal tahun 2018, huruf ini : 4.0 banyak buku, tulisan, seminar dan workshop yang memasang 4.0 , bagian dari judulnya : INDUSTRIAL 4.0 dan BANK 4.0 adalah 2 judul yang paling dominan. Lalu apa artinya 4.0 ?

Untuk memudahkan, maksudnya adalah : GENERASI 4.0. (sebagian masyarakat juga menyebutnya : REVOLUSI 4.0).

 

Generasi/Revolusi 1.0 , dimulai pada abad ke 18 dengan ditemukannya mesin (uap) yang berdampak besar dimana tenaga hewan digantikan dengan tenaga mesin. Penemuan mesin dan berjenis mesin, secara signifikan mempengaruhi peningkatan produksi (dalam jumlah yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat) dan berdampak langsung terhadap peningkatan pendapat penduduk di dunia.

Generasi/Revolusi 2.0, ditandai dengan penemuan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakar yang memicu kelahiran industri/produk : mobil, pesawat terbang dan pesawat telephone. Komunikasi dan transportasi antara negara dan antar benua mulai dapat dijangkau dengan lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah.

Generasi/Revolusi 3.0 : penemuan dan penggunaan internet dan teknologi digital. Internet membuka wacana dunia baru, dimana dunia tidak ada batas dan saringan lagi atas berita dan komunikasi. Internet adalah media lahirnya perusahaan-perusahaan raksasa dunia. Generasi/Revolusi 3.0 sekaligus masa transisi (tapi berlangsung cepat) perubahan dari penggunaan teknologi analog menjadi teknologi digital (analog =proses manual; digital = proses serba otomatis).

 

Setiap Generasi/Revolusi membawa dampak yang luar biasa dalam produksi dan komunikasi; dan berlakulah  hukum alam : ada yang tertinggal dan musnah (mesin tik = computer; kompor minyak tanah =kompor gas; media film , dan banyak lagi); dan di sisi lain membawa dampak perkembangan luar biasa dalam produksi, komunikasi dan perolehan.

DAN tentu saja, mempengaruhi prilaku manusia & masyarakat dalam hampir semua bidang.

 

Generasi 4.0; yang sedang berlangsung (cepat) saat ini. Anda siap ?

Perkembangan dan sekaligus penggunaan teknologi terkinikan merubah cara kerja mesin, komunikasi, distribusi dan alat pembayaran. Outlet-2 penjualan CD/DVD musnah karena teknologi sekaligus pemasaran ‘streaming. Cinema/bioskop-bioskop terancam dengan pelayanan tontonan digital (nonton kapan dan dimana saja dan murah); netfix. Alat pembayaran (baca : BANK 4.0) dengan cepat berubah dari fisik menjadi digital, sebentar lagi akan jarang dilihat uang kertas phisik/kartal. Pelaku bisnis dan perorangan berhubungan dengan BANK, tidak secara fisik, tidak dibutuhkan ke kantor BANK untuk melakukan transaksi, dan ATM (anjungan tunai mandiri) akan lenyap dan atau hanya tersedia terbatas, karena masyarakat dan bisnis menggunakan e-money.

 

Sungguh, tidak mungkin diuraikan dalam 1 lembar tulisan tentang GENERASI/REVOLUSI 4.0. Anda tidak mau tahu ?

Kalau mau tahu, supaya tidak termajinalkan (nanti salahkan orang lain & masyarakat), saya sarankan anda cari referensi GENERASI/REVOLUSI 4.0; karena mau tidak mau; suka atau tidak suka akan mempengaruhi juga dalam organisasi perusahaan kita, kalau mau survive dan berkembang.

 

Perubahan teknologi PASTI mengharuskan perubahan cara kerja !

PASTI, perubahan cara kerja akan MENGHASILKAN LEBIH BANYAK-LEBIH BESAR…

 

 

Selamat bekerja

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.