CATATAN DIREKSI

VIRTUAL SUPERMARKET

Ada 3 cara berbelanja kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari di Supermarket. Begini :

 

CARA PERTAMA :

Ibu Hartati parkirkan kendaraannya di area parkir Supermaket “HARI INI”, memasuki pintu utama Supermarket-mengambil kereta/keranjang belanja; mulai Ibu Hartati menyusuri dari satu ‘gang/isle’ ke gang lain antara rak pajangan produk dan mengambil produk-2 yang dibutuhkannya. Banyak informasi – seperti : Price tag, informasi produk dan promo. Setelah merasa apa yang dibutuhkan ada semua di keranjang belanja, Ibu Hartati menuju “check out counter/coc” dimana seorang kasir dengan ramah siap melayani dan mulai ‘scan’ satu persatu produk belanjaan dimana akhirnya – saatnya pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan CASH, KARTU KREDIT, KARTU DEBIT atau bisa juga dengan E-paymet  yang dimiliki Ibu Hartati dan diterima oleh Supermarket “HARI INI”. Selesai sudah aktivitas belanja, Ibu Hartati membawa belanjaan ke kendaraan dan…….cuuussss jalan kembali mobilnya.

 

CARA KEDUA:

Sama yang pertama, Ibu Hartati memakirkan kendaraannya di area parkir yang tersedia di depan Supermarket “HARI ESOK”

Dari dalam mobil, Ibu Hartati membuka APLIKASI SUPERMARKET HARI ESOK; teknologi VR (virtual Reality) menampilkan gambar 4 dimensi seluruh denah dan sudut Supermarket, dari gang ke gang , dari rak ke rak dan dari shelving ke shelving – sangat “real”; Ibu Hartati mulai belanja – menggunakan jari telunjuknya untuk memindahkan produk yang dibutuhkan dari rak pajangan ke dalam keranjang belanja (rak, produk, keranjang dan harga, juga ‘virtual’). Aplikasi ini juga menginformasikan pada saat  yang sama : berapa item produk dan berapa nilai belanja – setiap kali produk dimasukkan ke keranjang belanja.

 

Setelah selesai, Ibu Hartati (ingat ya, dengan jari telunjuknya) mengunjungi sudut ‘check out counter’; konfirmasi akhir dan persetujuan metode pembayaran : KARTU KREDIT, KARTU DEBIT atau E-Wallet. “Confirmed” ?

Cukup menunggu di mobil, dan dalam waktu kurang dari 10 menit Ibu Hartati menerima phisik belanjaannya; dengan 2 cara : 1> mengambil sendiri di “picking area’ – bebas biaya; atau 2> produk belanjaan diantar oleh petugas supermarket ke kendaraan dimana Ibu Hartati menunggu – tentu saja dengan tambahan biaya Rp 25.000,-

Selesai belanja cara kedua.

 

CARA BELANJA KETIGA :

Sama dengan cara belanja kedua. Persis sama !! (katakan lah Ibu Hartati memilih berbelanja melalui aplikasi supermarket “HARI LUSA”

Yang membedakannya adalah, Ibu Hartati melakukannya dari rumah tinggalnya. Setelah “Confirmed’, dalam waktu kurang dari 2 jam, produk belanjaan sudah tiba di depan rumah (kurir).

 

Tidak ada uang kas tunai (fisik) lagi, tidak perlu kunjungi fisik Supermarket lagi !!!!!

 

Pertanyaannya : kapan Cara Belanja Kedua dan Cara Belanja Ketiga akan terjadi di Indonesia, jawabannya adalah :

3 tahun lagi, 1 tahun lagi, 1 bulan lagi dan jangan kaget kalau jawabanya : BESOK !!

 

 

Lalu……

 

 

 

Selamat Bekerja

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.