CATATAN DIREKSI

5 C – PERUSAHAAN

Perinsip 5 C (Character; Capacity; Capital; Collateral dan Conditions) adalah ‘pisau analisa’  yang dipergunakan di dunia perbankan; khusus dalam pemberian dan keamanan kredit yang (akan) diberikan bank kepada nasabah. Tulisan ini, mempergunakan perinsip 5 C untuk ukuran kualitas sebuah perusahaan/usaha bisnis dimana perilaku perusahaan mempengaruhi perilaku pelaku usaha, sebaliknya perilaku pelaku usaha mempengaruhi perilaku perusahaan.

 

CHARACTER; berhubungan dengan ‘review’, analisa dan kesimpulan atas perilaku /latar belakang, bagaimana cikal bakal /asal awal perusahaan didirikan; berhubungan erat  dengan hal-hal yang bersifat MORAL & ETIKA. Para pendiri perusahaan dan penerusnya sangat mempengaruhi atas perilaku perusahaan (‘company behavior’).

 

CAPACITY; kemampuan perusahaan dalam pengelolaan usaha dan semua problematiknya. Bagaimana mengelola sumber dana dan sumber dana. Kemampuan manajerial perusahaan menjadi sentral dalam mengukur kapasitas sebuah perusahaan.Kemampuan dalam menjalankan usaha : rutin; menghadapi masalah dan kemampuan untuk berkembang. Bagaimana ide-ide kreatif-konstruktif menghasilkan ‘produk’ bernilai jual pada kondisi sekarang dan kemampuan perusahaan untuk berkembang menjadi lebih besar.

 

CAPITAL; tidak selalu berhubungan dengan berapa besar modal/uang yang dimiliki, karena intrumen perbankan (dan instrument keuangan non bank) akan berperan dalam hal ini. Capital lebih berhubungan dengan infrastruktur (fisik & non fisik) yang dapat memberikan jaminan perusahaan bertahan dan berkembang.

 

COLLATERAL adalah perinsip kepastian atas kemampuan pengembalian /’return’ baik atas modal sendiri maupun atas modal dari pihak-pihak ‘luar’.

 

CONDITIONS, adalah kondisi-kondisi di luar perusahaan; baik atas persaingan dunia usaha maupun atas kondisi perekonomian (makro/mikro; domestic/internasional). Maka ini berhubungan dengan kemampuan perusahaan (dan pelakunya) dalam : identifikasi; antisipasi bahkan menjadikannya sebagai peluang.

 

Perusahaan kita, CMN lahir dengan kemampuan melihat peluang bisnis, dibangun dan dikelola dengan prinsip : “baik dan benar untuk masyarakat”. Baik adalah NIAT dan Benar adalah TINDAKAN yang sesuai dengan norma-norma dalam masyarakat, bukan atas dasar asumsi-asumsi pelakunya/pembenaran.

Kita punya ‘modal’ tak terkira besarnya untuk berbuat baik dengan cara yang benar.

 

 

 

 

Selamat bekerja

 

 

 

Josep Setiawan Edy

 


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.