CATATAN DIREKSI

“CONNECTED”

Pernah bepergian dengan menggunakan transportasi udara, apapun maskapai penerbangannya?

Pertama, tentu harus membeli tiket sesuai tujuan, hari dan jam penerbangan; anda berhubungan dengan “Marketing” maskapai penerbangan tersebut, dimana dan bagaimana memperoleh tiket penerbangan (kantor marketing/perwakilan-agensi maupun melalui ‘online’).

Pada hari penerbangan, penumpang menuju “counter” penerbangan tersebut di bandara untuk dapatkan “boarding pass” (proses ‘check in).

 

Dengan ‘boarding pass’, penumpang dapat akses ruang tunggu sesuai dengan petunjuk di “boarding Pass’; dan sesuai dengan jadwal, akan diumumkan saatnya penumpang dipersilahkan memasuki pesawat (boarding). Penumpang melalui prosedur pengecekan akhir, memasuki ruang pesawat dan mencari-menempati kursi sesuai dengan no kursi yang ada di “boarding pass”. Setelah semua penumpang menempati kursinya masing-masing dan bila pesawat secara teknis (dan tentu saja prosedural) siap terbang, penumpang akan mendapatkan pemberitahuan bahwa  pesawat akan segera tinggal landas. Pesawat melalui “taxi way” menuju ujung landasan dan bila telah mendapatkan ijin dari Menara kontrol

pesawat segera lari di landasan pacu dan tinggal landas.

Selama penerbangan, penumpang dipandu bagaimana bersikap – berprilaku sekaligus dilayani dengan baik.

 

Demikian juga proses mendarat (landing), penumpang akan dipandu persiapan mendarat sampai dengan pendaratan akhir di airport tujuan. Penumpang akan mendapatkan pengumuman dan pengarahan atas proses pendaratan.

Setelah meninggalkan pesawat, penumpang akan dipandu (langsung-tidak langsung) menuju tempat pengambilan bagasi dan pintu keluar bandara. Selamat Datang di kota tujuan.

 

Secara garis besar dan umumnya seperti itu proses bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, semuanya berjalan baik dan nampak sederhana.  Apa benar ?

 

TIDAK DEMIKIAN,

ada puluhan bahkan ratusan departemen/pihak yang bekerja, lintas departemen dalam satu perusahaan maupun lintas departemen antar perusahaan. Paling tidak : Maskapai Penerbangan (dari Marketing, petugas darat bandara, teknisi sampai dengan pilot dan tim nya); Perusahaan penjualan /memasarkan tiket (agensi maupun penyedia jasa ‘online’); Manajemen Bandara (baik bandara keberangkatan maupun bandara kedatangan). Ratusan departemen tersebut harus terhubung baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk MENGHASILKAN : memindahkan penumpang dari satu kota ke kota lain. CONNECTED !!!

 

Menjalankan organisasi bisnis pertama harus dipastikan terjadinya koneksi yang jelas & tegas antara departemen di dalam organisasi; semua pelaku dalam departemen paham bahwa apa yang dikerjakan/dihasilkannya adalah bagian tidak terpisahkan dari hasil kerja departemen lain sekaligus juga mempengaruhi proses-hasil kerja departemen lainnya. Menjadi hukum ‘Customer Oriented’ adalah: mengenal siapa pelanggan setiap departemen; yaitu departemen lain dalam perusahaan, baik departemen proses sebelumnya maupun departemen proses sesudahnya. Koneksitas antar departemen bertujuan MENGHASILKAN atau tercapainya target perusahaan.

 

Organisasi Bisnis PASTI berhubungan dengan organisasi bisnis perusahaan lainnya, baik sebagai Vendors maupun sebagai bagian dari Marketer; maka perlu dicari, didekatkan dan bekerjasama erat, bukan hanya antar perusahaan, tetapi juga antar departemen lintas perusahaan. Misalnya : Distribution Center Division PT. CMN berhubungan erat/terkoneksi dengan Bagian Logistik Vendors; Departemen Keuangan PT. CMN berkomunikasi konstruktif dengan Departemen Keuangan Vendors.

 

Koneksitas, terlebih  saat ini, menjadi bagian penting dalam percepatan perkembangan bisnis, oleh karena sarana prasana komunikasi tidak lagi menjadi hambatan.

Tahukah anda, hambatan komunikasi terbesar dijaman modern ini adalah faktor manusia. Ketidak pahaman atas pentingnya koneksitas membuat pelaku dan departemennya bekerja dalam kotak; akibatnya departemen-nya menjadi eksklusif & egois dan jangan-jangan bukan menjadi bagian keberhasilan perusahaan dalam pencapaian hasil

 

 

 

Selamat bekerja

 

 

 

Josep Setiawan Edy

 


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.