CATATAN DIREKSI

RAHASIA USIA PERUSAHAAN

Usia perusahaan yang lebih 100 tahun disebut: “centenarian’, beberapa antaranya di Indonesia : PT. POS Indonesia (1746); PT. Kereta Api Indonesia (1864); PT. Kimia Farma,Tbk; PT. Telekomunikasi Indonesia (1856), PT. Bank Rakyat Indonesia (1895) dan ada beberapa perusahaan swasta yang jelang usia 100 tahun  : PT. Tigaraksa Satria Tbk (1919) dan mungkin ada beberapa lagi yang tidak diketahui oleh penulis. Sementara perusahaan internasional yang usianya lebih dari 100 tahun (disebut brand-nya saja) antara lain : Faber Castell (1885); BOSCH (1886); Johnson (1886); Swarovski (1889); Bayer (1863); Michelin (1889);  dan ratusan lainnya.

 

Mengapa perusahaan-perusahaan tersebut bisa bertahan – berkembang dan berusia panjang; sementara Study Boston Consulting Group terbaru, sungguh mencemaskan; kegagalan (tutup/bangkrut) perusahaan-perusahaan baru berusia di bawah 5 tahun; bila tahun  1970 hanya 5%; hari ini menjadi 32%; artinya 1/3 perusahan baru berusia di bawah 5 tahun : gagal !!

 

Perkembangan Teknologi Informasi – yang hari ini dikenal sebagai Digital Informations System (‘big data’), tidak terhindarkan terbukanya peluang usaha di segala bidang. Perubahan teknologi informasi begitu cepatnya, sehingga banyak perusahaan – usaha rintisan baru belum sempat ‘matang’ tetapi harus menghadapi perubahan yang sangat cepat. Strategi & program-2 menjadi begitu cepat menjadi ‘tidak relevan’ lagi.

 

Lalu, mengapa banyak perusahaan dapat bertahan bahkan berkembang dalam kondisi tersebut, bahkan mencapai usia lebih dari 50 tahun (Kopi Kapal Api-1927; Laserin -1931; Sido Muncul-1951; Optik Seis-1927; SGM-1965; Bakmi GM-1959; Sarung Atlas-1953)? Banyak penyebabnya dan tidak kurang banyak para ahli membahasnya; yang pada intinya adalah : perusahaan-2 hidup dengan tujuan (mulia) yang jelas; tidak anti terhadap perubahan, mereka antisipasi perubahan bahkan membuat terjadinya perubahan itu sendiri; inovasi tiada henti adalah faktor penting lainnya; DAN organisasi bergerak lincah sesuai dengan perubahan serta digerakkan oleh Sumber Tenaga Kerja profesional yang memiliki kapasitas & kompetensi memadai. Satu lagi; kredibilitas para Pemilik dan Pengurusnya; mereka mendirikan dan mengembangkan usahanya dengan cara yang baik dan cara yang benar.

 

 

CMN-KITA baru saja memasuki tahun ke-6; memperhatikan uraian di atas; sungguh meyakinkan :

SAYA, BISA !!; KAMI LEBIH BISA !!!; KITA HEBAAT !!!!

 

 

Selamat bekerja

 

 

 

Josep Setiawan Edy

 


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.