CATATAN DIREKSI

INTERNET

Agar putra-putrinya yang masih di Sekolah Menengah Pertama (kelas 7-8-9) tidak terkontaminasi informasi-informasi buruk (termasuk video-video seram tak ber-moral); seorang Ibu tidak memberikan gadget (HP) sebagai perangkat tambahan. Heran-lah si Ibu ‘by somehow’ mengetahui bahwa putra dan putrinya ‘fasih’ sekali dengan game-game digital, yang pastinya ‘provided’ di aplikasi-aplikasi – laaaah kan butuh Gadget untuk akses game-game tersebut. Hallo Ibu, melarang saja tidak cukup, menghindar pun tak ampuh; kan bisa pinjam pakai milik temannya (yang tentu saja ada ‘cost’nya – dibayar dengan apapun itu). Seram, kan.

 

Nando yang sedang bertugas di London tetap terkoneksi dengan istri dan anak-anak tercintanya di Pekalongan – Jawa Tengah. Pagi dan malam, dua kali sehari mereka bercengkrama, bukan saja melalui suara, tetapi juga saling bertatapan, terkadang mereka makan malam bersama dari meja berbeda dan dari benua yang berbeda. Fasilitas Video call bertebaran dan free….

 

Terkesan ‘kalang-kabut’ lembaga keuangan resmi (negara) ketika bermunculan produk-produk per-bank-an di’udara’. Orang yang punya uang/modal dipertemukan dengan orang yang membutuhkannya, tanpa melalui institusi keuangan resmi yang diatur oleh negara dan antar negara.

Belum lagi munculnya puluhan ‘UANG DIGITAL’ yang tidak tahu bagaimana mekanisme penetapan nilai (value)nya, tahu-tahu sudah jadi alat transaksi. Ini dia penyebabnya : FINTECH (financial Technology). Bahkan Negara adikuasa yang mengharapkan uang digital, tidak berdaya; tetap saja uang digital ramai di negara mereka.

 

Siapa yang tidak kenal Jack Ma ? bermula dari keinginannya membantu pemasaran produk-produk dalam negeri (China) ke  pasar domestik dan Internasional. Informasi, komunikasi dan biaya pemasaran yang murah adalah senjata pamungkas. Hari ini ALIBABA dan ALIPAY sudah mendunia. Sampai hari ini terus berkembang , tidak tertahankan.

 

Seperti biasa, banyak sekali dampak positif (cepat, akurasi dan ‘friendly) dan tentu saja ada saja dampak negatif-nya (perilaku personal, grup dan masyarakat ).

PENYEBAB ini semua adalah INTERNET.

 

Apa itu INTERNET ?  Lagi-lagi awalnya adalah produk untuk kepentingan militer. Lebih detail tentang asal usul dan bagaimana internet berkembang dan jadi begitu ‘berkuasa’; silahkan anda browsing, ya.

Yang jelas – hari ini, semua dari kita tidak mampu beraktivitas efektif tanpa internet.

 

Lalu……..?

 

 

 

 

 

Selamat Bekerja

 

 

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.