CATATAN DIREKSI

KECERDASAN BUATAN

Artificial Intelligence (bahasa : Kecerdasan Buatan/KB), bukan lagi ‘dongeng’ di cinema, bukan lagi bahan kajian dalam workshop (skala nasional-internasional), bukan lagi bahan untuk ‘menakut-nakuti’ para profesional, KB sudah ada dalam lingkungan hidup & kehidupan manusia.

Sudah ada di rumah, di kantor dan di lingkungan dimana anda hidup dan berada ! Dan seperti yang saya sampaikan berkali-kali dalam tulisan maupun pertemuan langsung dengan anda, keluarga CMN; perubahan teknologi ‘diam-diam’ kerjanya dan kita tidak sadar telah menjadi bagian penting, karena ‘nyaman’ maka kita cepat terbiasa.

 

KB sudah masuk pada phase “mesin yang mampu memperbarui dirinya sendiri” – self-learning.

Mau contoh, bagaimana “mesin”, karena proses self learning-nya menjadi lebih cerdas dari waktu ke waktu dan mengalahkan ketekunan & kecerdasan manusia ? Baiklah …

  • Tahun 2016 ! GO (mesin milik Google) menang skors 4:1 melawan pecatur juara dunia, Lee Sedol.
  • Mobil tanpa pengemudi SUDAH ADA, masih dalam proses uji coba dan makin hari makin cerdas, melampaui ketelitian dan keahlian manusia. Kita tunggu “launching’ di seluruh dunia.
  • Pemain Saham, Dunia Kesehatan , Dunia Hukum dan masih banyak lagi, sudah menggunakan KB didalam proses pengambilan keputusan.

Ya, sudahlah; contoh sehari-hari saja, ya. PERNAH gunakan GOOGLE MAP, sadarkah anda bahwa ketepatan (pemilihan jalur dan waktu tempuh) hari ini semakin tepat – akurat.

Masih banyak contoh lain, yang saat ini sudah hidup bersama anda….silahkan cari contoh2 di sekitar anda.

Banyak !

 

Berita gembira-nya (dan oleh karena nyaman, maka  ‘kurang peduli’, kemenangan mesin KB saat ini lebih membuat kita nyaman, KB sebagai penolong dan membuat hari-hari kita terasa lebih mudah dan lebih bahagia, oleh karena itu ‘hepi-hepi’ saja menggunakannya.

 

ATAU, anda termasuk kelompok yang cemas dan oleh karenanya mencari tahu dan paling tidak mengoptimalkan mesin-mesin KB untuk peningkatan produktivitas (yang mem-bahagia-kan) ?

Bagaimana meng-antisipasi : Mesin KB lebih cerdas dari manusia; Robot mengambil alih pekerjaan pelayanan dan ‘otot’ manusia; akankah dibutuhkan receptionist, secretary, staff akunting & keuangan, staff HCGA, dan banyak lagi…..

Ingat, ya. Perkembangan mesin KB adalah berita gembira bagi  kapitalis (cepat-tepat dan hasil lebih banyak dengan biaya minimal)

 

Kalau sudah terkagum-kagum dengan mesin KB, maka harusnya bertanya : apakah ini mimpi buruk ? Kapan dan seberapa jauh akan pengaruhi pekerjaan ‘saya’ saat ini. Apa yang harus dilakukan !!!!?

 

‘Semua sangat tergantung dengan apa yang sedang anda kerjakan saat ini demi mempersiapkan diri masuk ke era dimana mesin dapat mengerjakan hampir semua (yang saat ini) dikerjakan oleh manusia”.

 

 

Lalu…….?

 

 

 

Selamat Bekerja

 

 

 

 

Josep Setiawan Edy


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.