CATATAN DIREKSI

BRANDING

“Hi..saya Muhammad Slamet Raharjo…’ ; “Hi juga, nama saya : Johanes Budi Setiawan..” , mereka saling menyebutkan nama lengkap pada saat berkenalan. Kedua nama tersebut mencerminkan paling tidak : Agama dan harapan. Slamet : selamat/ aman; Raharjo = sejahtera. Pemberi nama (umumnya oleh orang tua) mengharapkan (dan men-doa-kan) anaknya diberikan keselamatan dan sejahtera dalam hidupnya. Sedangkan Budi =baik dan bijak; Setiawan = pribadi yang mengutamakan kesetiaan. Muhammad dan Stefanus menunjukkan agama mereka masing-masing.

Kedua nama tersebut lebih banyak dipergunakan oleh personal yang dilahirkan & latar belakang Jawa.

Identitas, latar belakang dan harapan !

 

Siapa yang tidak kenal gambar/logo ‘apel dengan potongan gigitan’; apa yang ada dibenak anda ?

Yes, itu sebuah ‘logo’ Iphone & Ipad (dan segala aksesoris turunannya).

Asosiasi gadget : canggih, elegant dan mahal adalah citra “apple’.

 

Kasus lain; ada yang masih ingat : “Seindah warna aslinya..!” atau yang ini : “No tile like it…”; anda benar lagi, keduanya adalah slogan dari perusahaan (produk) : Fujifilm dan keramik Esenza. Berjaya pada masanya, tapi kini sudah tidak/susah ditemukan lagi di pasar.

 

Nama, Logo dan slogan adalah ‘kemasan’ yang diperuntukan kepada masyarakat (pasar) agar dapat di-CITRA-kan seperti cita-cita & harapan pemiliknya. Membutuhkan waktu dan ketekunan untuk membuktikan bahwa kemasan sama dengan isi ; ‘bukan hanya janji, tetapi juga bukti’ ! Usaha-usaha tersebut dapat dipercepat dengan ‘teknologi marketing’, proses kerja itu dikenal dengan BRANDING !

 

Harus diakui, bagi konsumen ,Brand (nama), Logo dan Slogan efektif untuk menarik perhatian, lalu melakukan pembelian (produk & janji); dan sederhana saja reaksi berikutnya : bila produk/jasa (isi/konten) sesuai dengan janji, maka terjadilah transaksi berulang dan bahkan memberikan referensi (endorse) kepada pengguna lainnya. Sebaliknya : kecewa, karena kemasan tidak sesuai dengan isi (dan ‘seluruh dunia’ akan diberitahu).

Lebih ‘sadis’ lagi, Brand (nama), Logo dan Slogan juga akan ditelan oleh jaman apabila tidak menyediakan produk & jasa yang dibutuhkan saat ini. Tidak pernah terbukti konsumen bertahan hanya karena Brand/nama, Logo dan Slogan.

Siapa yang mau tetap menggunakan film analog lagi saat ini, walaupun ‘cinta mati’ dengan Fujifilm ?

 

Brand harus dipelihara dengan : kualitas sesuai janji/harapan dan produk & jasa harus mengikuti perkembangan jaman, perubahan kebutuhan dan perubahan harapan. Perubahan perilaku !!

 

Balik ke paragraph pertama : bagaimana dengan nama anda pribadi , mengertikah harapan & doa pemberi nama (orang tua) terhadap anda ? Harapan & doa itu selalu mulia dan baik; tetapi menjadi sia-sia bila tidak diusahakan dan tidak dijaga kepribadian & perilaku masing-masing.

Sudahkah sama atau bahkan melebihi harapan & doa atas nama anda ?

Jangan kuatir, anda masih punya waktu….

 

 

Selamat bekerja.

 

 

 

 

 

Josep Setiawan Edy

 


Kami sedang mempersiapkan peningkatkan tampilan visual website kami. Tunggu tampilan baru website PT. Citra Mitra Nusantara.