CATATAN DIREKSI

PENTINGNYA PEMAJANGAN PRODUK (DISPLAY) DI TOKO

Display” adalah proses pemajangan barang dagangan untuk menciptakan penjualan & keuntungan atas barang tersebut.

Dalam pelaksanaanya, tujuan dari pemajangan barang dagangan di toko adalah untuk mendapatkan perhatian, kemudian mendekatkan konsumen untuk dapat menyentuh, mencoba, membaca & mempelajari, serta diharapkan untuk membeli.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemajangan barang dagangan di toko antara lain :

> Line, adalah macam atau jenis barang

> Grouping, adalah pengelompokan dari jenis barang yang dijual

> Composition, adalah pengaturan dari berbagai macam jenis barang yang dijual menjadi satu kesatuan

Ketiga faktor ini lebih dikenal dengan “PlanOgram dalam ilmu retail modern. PlanOgram adalah sebuah ilmu dan seni pemajangan barang dagangan untuk mengoptimalkan penjualan & keuntungan. PlanOgram disusun sedemikian rupa berdasarkan pengalaman dari para pelaku usaha retail sehingga menjadi panduan penting untuk melakukan pemajangan barang dagangan di toko. Jadi, bisa dikatakan bahwa pajangan yang baik akan menjadi “Theater” daripada toko tersebut yang menarik minat konsumen untuk berbelanja.

Untuk melakukan pemajangan barang dagangan yang baik serta menarik, maka dibutuhkan alat pajang (Merchandising Presentation) yang baik pula. Beberapa sarana atau alat pajang barang dagangan di toko yaitu :

> Shelf (daun rak), sebagai sarana utama alat pemajangan barang di toko

> Hanger, alat pajang khusus untuk barang-barang yang lebih cocok digantung daripada diletakan di shelfing (daun rak)

> Peghook, adalah alat pajang khusus untuk mendisplay barang diantara lorong rak yang sempit

 

Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian dalam melakukan pemajangan barang dagangan yang baik di toko adalah :

> Display Capacity Calculation atau seberapa banyak barang yang harus didisplay sehingga menarik bagi konsumen. Perhitungan kapasitas display yang baik secara sederhana adalah “display jangan sampai terlalu banyak sehingga terkesan berantakan dan jangan terlalu sedikit sehingga memberikan kesan barang kosong”

> Cleanliness atau kebersihan & kerapihan susunan barang yang dijual

> Price Certainty atau ketersediaan informasi penetapan harga (price tag/price ticket) yang benar & tepat

 

Pada akhirnya dapat disimpulkan, bahwa betapa pentingnya pemajangan barang dagangan yang baik di masing-masing toko karena :

> Meningkatkan store image (kesan baik di konsumen)

> Mendorong calon konsumen untuk masuk ke toko kita

> Memberikan kemudahan kepada konsumen untuk menemukan dengan cepat barang yang dibutuhkan

> Dan, diharapkan menciptakan penjualan & keuntungan atas barang2 yang dijual di toko kita

 

Salam,

 

 

I Nyoman Sugiarta

Director


APA KATA MEREKA

  • Dengan support yang baik dari CMN,  Mitra mampu bersaing dengan toko-toko sekitar

  • Bersama CMN, semangat mitra  dalam berjualan semakin membaik, berharap bisa terus melanjutkan kemitraan, dan berniat membuka sisi lain tokonya agar akses konsumen lebih mudah

  • Bersama CMN, Mitra  semakin berkembang, dan  berharap CMN dapat memilah produk yang banyak dicari pelanggan
  • Mitra semakin yakin akan kerjasama dengan CMN,  dan berniat  memperluas area tokonya supaya bisa menjual lebih banyak jenis barang
  • Dengan support dari CMN,  semangat Mitra semakin tumbuh, ketersediaan barang membaik,  hingga mitra tidak segan-segan  buka toko dari jam 06.00 s/d 22.00